Artikel Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer




Review Game Kisah di Balik Tron: Evolution

Tron: Evolution, merupakan game action adventure dengan bumbu RPG garapan Propaganda Games dan diterbitkan oleh Disney Interactive Studios. Game yang mengangkat kisah film di era tahun 80-an ini telah diluncurkan hampir bersamaan dengan versi filmnya.

Jenis game bertema science-fiction memang belum banyak beredar saat ini, mungkin hal itulah yang membuat gamer cukup penasaran dengan Evolution. Namun yang paling menarik dari game ini adalah sepenggal cerita di dalamnya.

Di Balik Tron: Evolution

Evolution merupakan seri keempat dari sederet game Tron yang telah hadir sebelumnya. Diawali dengan Tron Arcade yang terinspirasi dari film original Tron, game yang memiliki empat modus permainan ini diluncurkan pada 1982.

Setahun kemudian game tersebut diperbaharui oleh Bally Midway dengan Discs of Tron, dan sekuel berikutnya baru muncul di 2003 bertajuk Tron 2.0. Game yang diterbitkan oleh Vista Interactive ini berbeda dengan seri lainnya karena menggunakan sudut pandang orang pertama (FPS).



Tron: Evolution dibidik untuk mendongkrak kesuksesn filmnya, Tron: Legacy. Oleh karena itu, game ini dibuat untuk menceritakan sekelumit cerita yang melatarbelakangi versi filmnnya. Misalnya, penyebab Flynn bisa terjebak dalam dunia Grid.

Game ini juga menampilkan beberapa karakter yang ada dalam versi film, misalnya Jeff Bridges dan Olivia Wilde. Namun dalam Evolution gamer bakal berperan sebagai program Monitor buatan Flynn bernama Anon, yang merupakan kependekan dari Anonymous.

Tugas utama pemain adalah, menyelidiki konspirasi di dalam dunia Tron. Sebab itu gamer akan dibawa keliling dunia yang penuh dengan gemerlap cahaya tersebut.



Mengandalkan Aksi Akrobatik

Tak ubahnya seperti versi film yang menampilkan ragam aksi dengan tatatan cahaya yang mengagumkan, Evolution pun mencoba demikian. Sepanjang permainan gamer bakal disuguhi aksi akrobatik seperti melompat, berlari di dinding, dan perkelahian dengan animasi cahaya yang cukup menghibur.

Seperti kebanyakan game petualangan sejenis, Evolution juga menawarkan gerakan perkelahian yang bisa dikombinasikan. Misalnya, melompat sembari melempar disc bercahaya ke arah musuh. Belum lagi efek ledakan yang bisa ditimbulkan oleh senjata tersebut. Cukup menghibur, walau hanya terasa di awal permainan saja.

Gerakan perkelahian yang beragam, serta animasi cahaya yang menarik, akan sempurna jika ditampilkan dalam kualitas grafis yang mumpuni. Namun hal tersebut tidak didapatkan dalam Tron: Evolution.

Kualitas yang diusung tergolong standar, bahkan bisa dibilang masih di bawah rata-rata game sekarang ini. Meski telah diatur pada kualitas maksimal, namun tetep saja tepian dari tiap karakter terlihat kurang halus, begitu pun tampikan latar yang terkesan kurang tekstur.

Aksi perkelahian yang sarat animasi itu pun tak melulu menghibur. Awal permainan boleh saja gamer merasa kagum, namun lambat laun malah terkesan berulang dan akhirnya malah membosankan.

Selain aksi, game ini pun dibumbui oleh unsur RPG. Hal tersebut mulai terasa ketika pemain diminta untuk memperbesar kapasitas penyimpanan agar bisa mengupgrade software yang dimilikinya.

Upgrade tersebut dijanjikan berdampak pada skill, senjata baru dan lainnya. Namun pada kenyataannya fitur tersebut tidak terasa sangat signifikan, bahkan beberapa upgrade terasa percuma.



Secara keseluruhan, game ini sepertinya hanya terasa menyenangkan di kalangan gamer yang telah memainkan seri sebelumnya. Terlebih lagi alur cerita yang diusung terbilang sulit dimengerti oleh pemain yang baru mengenal game ini.

Komposisi aksi dan tatanan musik memang terbilang cukup baik, hanya saja kualitas grafisnya terbilang standar. Padahal game ini telah menggunakan Unreal Engine 3 yang seharusnya bisa menampilkan gambar sekelas Gears of War 3, Batman: Arkham Asylum atau Mass Effect 2.

Kelebihan:
+ Melatarbelakangi cerita film Tron Legancy
+ Gerakan perkelahian yang beragam

Kekurangan:

- Grafis kurang baik
- Sistem permainan cenderung monoton

Labels:



comment closed

Copyright © RAMSI-SMBIRINK.