Artikel Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer




Geinimi, Malware Pengintai di Android

Sebagai salah satu sistem operasi yang digandrungi tak heran jika menjadikan Android sebagai target utama serangan dedemit maya. Beragam program jahat pun diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu.

Geinimi, merupakan salah satu malware baru yang ditemukan di kalangan pengguna Android. Malware ini terbilang unik, selain bisa mengintai dan mencuri data korbannya, program jahat ini juga memiliki kemampuan menjadi Botnet.

Botnet bisa dikatakan sebagai aplikasi jahat yang mampu mengambil alih perangkat yang dijankitnya. Dengan kata lain, software ini bisa dijadikan alat oleh pembuatnya untuk mengendalikan ponsel/komputer korban. Nah, baru kali pertama malware jenis ini ditemukan di Android.

Dikutip sumber dari PC World, Kamis (30/12/2010), Geinimi mampu berkomunikasi dengan pusat kendalinya untuk meng-install atau pun uninstall aplikasi yang ada pada ponsel. Malware ini juga dirancang agara secara rutin melaporkan aktifitas penggunanya.

Selain itu Geinimi juga mampu melaporkan posisi korbannya melalui kordinat GPS, jenis ponsel yang digunakan, informasi nomer kartu yang digunakan, dan semua data tersebut diunggah pada 10 alamat situs yang berbeda.

Pakar virus dari Lookout Mobile Security, Kevin Mahaffey, memaparkan bahwa Geinimi mulai ditemukan pada aplikasi Market pihak ketiga di China, dan melakukan penyebaran lewat sebuah aplikasi ternama yang sudah diunduh jutaan kali. Namun sayangnya, Mahaffey enggan menyebutkan nama aplikasi tersebut.

Labels:



comment closed

Copyright © RAMSI-SMBIRINK.