Artikel Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer




Asus Eee PC VX6 Lamborghini

Serbuan tablet internet yang sangat gencar membuat para produsen notebook tak saja harus memperbaiki performa produk dari sisi teknis. Namun juga faktor desain. Harus spesifik, pun eksklusif. Setelah menggebrak brand Eee PC yang fenomenal, Asus pun terus berupaya menjaga citra produknya itu. Tak cukup hanya ikut arus tablet internet dengan merilis Eee Tab untuk menantang para produsen tablet.Empat produk Eee PC dirilis berbarengan. Masing-masing dengan karakter desain yang unik dan berbeda. Seri VX6 misalnya yang tampaknya jadi hero product dari keempat produk tersebut, meneruskan tradisi desain mobil Lamborghini yang sebelumnya pernah dirilis. Kali ini terinspirasi dari sport car Murcielago LP640 Roadster yang melegenda itu. Hal itu terihat dari kontur permukaan atas yang khas Lambo, apalagi diperkuat oleh sebuah emblem eksklusif  Lamborghini.

Notebook berukuran layar diagonal 12,1 inci HD ini diperlengkapi dengan prosesor Intel Atom D525 dan kartu grafis NVIDIA ION dari generasi kedua yang lebih bertenaga. USB versi 3.0 sudah dipakai di seri ini. Eksklusifitasnya makin tampak oleh tambahan teknologi pengolah audio ICEpower dari Bang & Olufsen.
Untuk keperluan browsing, Asus sebenarnya menyediakan mouse yang dirancang dengan konsep Lambo pula. Mouse tanpa kabel dengan julukan WX-Automobili Lamborghini ini sayangnya dijual terpisah.
Seri lain yang merebut predikat di ajang G Mark Design award Jepang adalah Eee PC Seashell 1215P. Seperti juga VX6, ciri wanti kulit notebook yang bergaya kulit kerang adalah nilai jualnya. Permukaan yang berkilau tak lain dari sentuhan teknologi in-Mold Roller. Menggunakan layar seukuran VX6 namun dengan prosesor berbeda (Intel Atom N550). Ini adalah salah satu yang energy save lantaran dipasok oleh teknologi Super Hybrid Engine (SHE) di mana mengurangi pemakaian tenaga hingga 15 persen. Tak heran jika Asus menggemborkan daya tahan baterainya yang mencapai delapan jam.

Masih di kelompok Seashell, hadir seri 1215T yang sangat mengedepankan fungsi multimedia. Tidak heran jika prosesornya memakai AMD Athlon II Neo K125 yang punya kecepatan komputasi mencapai 1,7 GHz. Sedangkan mesin grafisnya menggunakan ATI Mobility Rodeon HD4250 demi memperoleh kualitas high definition.

Paling buncit adalah versi yang paling terjangkau. Yaitu Eee PC 1015PW. Faktor desain tetap jadi pertimbangan penting. Terlihat dari kontur kulit cover yang bergelombang dengan pilihan tiga kelir; merah muda, ungu, dan gold. Ukuran diagonal layarnya memang paling kecil (10,1 inci) dengan bobot paling ringan, 1,25 kg. Meski begitu seri ini tetap disokong oleh prosesor Intel Atom N550 dan teknologi SHE.
Asus sendiri menetapkan harga antara lain seri VX6 709 dollar, seri 1215T di kisaran 409 dollar, 1215P sebesar 369 dollar, dan 1015PW cukup 345 dollar

Labels:



comment closed

Copyright © RAMSI-SMBIRINK.