Artikel Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer




63.000 Malware Baru Muncul Tiap Hari

Malware atau program jahat semakin marak di tahun 2010. Dari data yang dihimpun oleh perusahaan keamanan Panda Security, jumlah malware yang tercipta oleh tangan-tangan peretas melonjak cukup tinggi dibandingkan tahun lalu. Database dari Collective Intelligence (sistem pendeteksi milik Panda Security) mencatat bahwa dari 134 juta sampel yang mereka pegang, 60 juta di antaranya terinfeksi malware (virus, worms, Trojans dan ancaman lainnya).

Berapa banyak sebenarnya total program jahat yang lahir di tahun ini? Terhitung sejak bulan Januari hingga Oktober, para peretas (hacker) telah menciptakan sebanyak 20 juta varian baru. Notabene, angka ini seimbang dengan varian baru yang tercipta di keseluruhan tahun 2009.

Masih mengacu pada data dari Panda Labs-laboratorium antimalware Panda Security, angka 20 juta tersebut merupakan sepertiga dari semua virus yang pernah ada dan semua itu hanya diciptakan hanya dalam waktu 10 bulan! Jika dibagi berdasarkan hari, setidaknya ada 63.000 ancaman baru yang lahir per hari.
Akan tetapi berbeda dengan tahun sebelumnya, 54% dari ancaman tahun ini memiliki masa hidup yang tidak lama, yakni hanya 24 jam sebelum akhirnya menghilang. Ia juga hanya menyerang sejumlah kecil sistem. Sedang di tahun 2009, ancaman yang datang bisa tahan sampai berbulan-bulan.

Kemungkinan, meningkatnya jumlah malware dan daya tahannya yang hanya sebentar, terkait dengan meningkatnya jumlah hacker amatiran yang baru menjajal kemampuannya di bidang ini. Selain itu, diketahui bahwa para hacker di tahun 2010 cenderung memakai kode berbahaya lama atau mementingkan penyebaran ancaman yang sudah ada dibanding dengan menciptakan ancaman baru.

Malware memang bisa menginfeksi komputer kita dengan berbagai macam cara, maka berhati-hatilah dalam mengunjungi situs-situs di internet karena tidak semuanya aman. Perhatikan pula email yang masuk di inbox Anda. Jangan diklik bila terkesan menggoda namun mencurigakan. Selalu mengupdate anti virus juga selalu menjadi langkah yang ampuh untuk memberi tameng komputer Anda.

Labels:



comment closed

Copyright © RAMSI-SMBIRINK.