Artikel Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer




ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex) dirilis

logo ubuntuUbuntu adalah salah satu dari sekian banyak distro Linux yang paling paling dikenal, dan dijanjikan akan dirilis update versi 2 kali setahun. pada tanggal 30 oktober 2008 versi baru Ubuntu yaitu: ubuntu 8.10 dengan code name Intrepid Ibex yang merupakan rilis ke-9 ubuntu, secara resmi di rilis dan tentunya masih tetap open-source dan gratis.

Pada versi barunya, distro yang nama nya di ambil dari bahasa afrika yang berarti kemanusiaan terhadap sesama (humanity to other) memiliki jantung kernel linux versi 2.6.27 dan menyediakan fitur dukungan 3G, membuat start-up disk USB, GNOME (dekstop environtment) terbaru, private directory ter-enkripsi, java stack, virtualisasi dan masih banyak lagi. untuk versi 8.10 sendiri akan di dukung security update selama 18 bulan ke depan.

tampilan dekstopo ubuntu
Anda dapat melakukan booting dari start-up disk ubuntu lalu menjalankan ubuntu tanpa meninstall atau mengganggu sistem yang anda miliki (live cd) namun dapat pula lansung menginstalnya di komputer anda, bagi komputer yang meiliki RAM minimum sebaiknya lansung lakukan instalasi saat start karena pada mode live cd instalsi akan berjalan relatif lebih lama pada RAM minimum.

menu aplikasi ubuntuUbuntu memiliki banyak sekali paket bahasa termasuk juga bahasa Indonesia. di dalam instalasi Ubuntu sendiri telah tersedia program-program siap pakai seperti pdf reader, multimedia player, juga office dan berbagai software open-source lainnya. untuk minimum reqruitmentnya Anda membutuh kan RAM minimal 256mb agar Ubuntu berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk mendownload image file nya silahkan download di http://www.ubuntu.com/getubuntu/download lalu anda dapat mebakarnya di cd.
untuk yang koneksi internetnya lambat Anda dapat memesan cd ubuntu (free) di https://shipit.ubuntu.com/

semoga berguna, salam sukses..

Labels:



comment closed

Copyright © RAMSI-SMBIRINK.